Cara Merawat Tanaman Venus Flytrap Agar Tidak Mudah Mati

You are currently viewing Cara Merawat Tanaman Venus Flytrap Agar Tidak Mudah Mati
Cara Merawat Tanaman Venus Flytrap Agar Tidak Mudah Mati

Wiratani.com – Tertarik untuk menanam tanaman dari jenis karnivora? Ini tanaman yang eksotis yang mempunyai kemampuan untuk menangkap lalat di sekitaran rumah.

Tanaman Venus Flytrap mungkin ini bisa jadi salah satu tanaman yang bis di pilih. Tanaman ini menggunakan trapnya untuk memakan serangga sekaligus untuk mendapatkan nutrisi.

Di Indonesia sendiri tanaman Venus Flytrap mungkin masih jarang di temui, namun tanaman ini sudah banyak yang membudidayaknnya dan bahkan ada komunitasnya juga.

Baca juga : Cara Menanam Tanaman Venus Flytrap yang Tepat Agar Tumbuh Subur

Venus Flytrap juga bisa tumbuh dengan baik ketika berada di luar ruar ruangan dan juga bisa tumbuh dengan baik jika penaganannya tepat dan terpenuhi segala nutrisinya.

JIka kamu berminat untuk memiliki tanaman Venus Flytrap ini maka bisa membelinya di pusattanaman karnivora, toko tanaman dan juga bisa di market place.

Sebelum membeli tanaman jenis karnivora ini alangkah baiknya anda mmengetahui bagaimana sih cara merawat tanaman ini.

Tanaman Venus Flytrap ini sendiri memiliki perawatan yang sedikit rumit karena membutuhkan beberapa syarat khusus. Sehingga perlu di perhatikan juga agar tanaman tidak mudah mati.

Cara Merawat Tanaman Venus Flytrap Agar Tidak Mudah Mati

Dalam perawatannya, Venus Flytrap memang tidak semudah merawat tanaman hias lainnya. Namun, setidaknya anda mengetahui kebutuhan spesifik dan selalu menyediakan kondisi yang tepat agar tanaman ini bisa berkembang pesat.

Berikut ini cara merawat Venus Flytrap agartidak mudah mati :

1. Kebutuhan Air yang Tepat

Venus Flytrap bisa tumbuh dengan baik jika kebutuhan ari tercukupi namun perlu dijaga agar tetap lembab setiap saat.

Meskipun tanaman ini membutuhkan kondisi lembab, Perlu juga untuk menghindari penyiraman yang berlebihan . Bisa saja ini akan menyebabkan akar membusuk dan akhirnya membunuh tanaman.

Dalam merawat tanaman Venus Flytrap ini sangat di anjurkan memakai air suling atau reverse osmosis karena air keran dapat mengandung mineral yang dapat merusak tanaman.

2. Kebutuhan Sinar Matahari yang Cukup

Tanaman Venus Flytrap ini membutuhkan banyak sinar matahari yang cukup, jadi semakin banyak yang mereka terima, semakin cepat mereka akan tumbuh.

Untuk kebutuhan sinar matahari ini minimal enam jam secara langsung terkena sinar matahari langsung.

Apabila terpaksa menanam Venus Flytrap di dalam ruangan, pastikan untuk meletakkannya di samping jendela yang terkena sinar matahari atau melengkapinya dengan lampu tanam. Hal ini dimaksudkan kebutuhan sinar matahari yang selalu cukup

3. Jenis Media Tumbuh Tanaman yang Tepat

Venus Flytrap tumbuh dan mengambil nutrisi dari trap yang dilikinya dan bukan melalui akar di tanah seperti kebanyakan tanaman lain. Jadi media tanam yang terbaik yaitu menggunakan sphagnum moss atau campuran gambut.

Sebenarnya tanaman ini tidak perlu di pupuk karena sudah bisa menyerap nutrisi dari serangga yang telah di tangkapnya tadi.

4. Cara Memupuk Venus Flytrap

Venus Flytrap ini mempunyai kemampuan yang unk dimana mempynyai trap yang berfungsi untuk  menangkap dan memakan serangga untuk di jadikan nutrisi.

Oleh karena itu jika anda mempunyai tanaman karnivora berarti juga harus memperhatikan makanan berupa serangga yang memenag harus selalu ada.

Mungkin seekor lalat, laba-laba, atau potongan kecil lainnya setiap beberapa minggu sekali akan membuat tanaman Anda tetap hidup dan tumbuh dengan subur.

Cara memberi makannya juga sangat mudah, anda bisa menggunakan pinset dan memasukkan serangga berukiran kecil ke dalam trapnya dengan lembut.

Hal lainnya yang perlu di perhatikan yaitu ukuran serangga dan jenis serangga cocok untuk Venus Flytrap. Pilihlah serang yang terbaik yaitu memilih serangga yang berukuran sepertiga dari ukuran trapnya.

Leave a Reply